Jenis Cloud Computing

Jenis cloud computing beberapa layanan jenis cloud computing yang ada cloud adalah jenis layanan yang disediakan melalui internet atau jaringan komputer. Layanan ini dapat mencakup berbagai jenis layanan seperti penyimpanan data, pengolahan data, hosting website, aplikasi, dan perangkat lunak, dan layanan IT lainnya.

Jenis Cloud Computing

Layanan cloud biasanya disediakan oleh penyedia layanan cloud yang mengelola infrastruktur cloud mereka sendiri, yang terdiri dari server, jaringan, dan penyimpanan data. Pengguna layanan cloud dapat mengakses layanan ini dari mana saja dengan menggunakan perangkat yang terhubung ke internet.

Dalam banyak kasus, pengguna hanya membayar untuk layanan yang mereka gunakan, sehingga layanan cloud seringkali lebih hemat biaya dibandingkan dengan memiliki infrastruktur sendiri.

Layanan cloud juga memungkinkan organisasi untuk lebih fleksibel dan skalabel dalam mengelola infrastruktur IT mereka, karena dapat dengan mudah menyesuaikan kapasitas layanan dengan kebutuhan mereka.

Jenis-jenis cloud computing berdasarkan model layanan yang disediakan adalah:

Infrastructure as a Service (IaaS)
menyediakan infrastruktur IT seperti server, jaringan, dan penyimpanan data. Pengguna dapat menggunakan infrastruktur ini untuk meng-host aplikasi mereka sendiri.

Platform as a Service (PaaS)
menyediakan lingkungan untuk mengembangkan, menguji, dan memelihara aplikasi web. Pengguna dapat meng-host aplikasi mereka tanpa perlu mengelola infrastruktur.

Software as a Service (SaaS)
menyediakan aplikasi yang di-host dan dijalankan di cloud, sehingga pengguna dapat mengakses aplikasi tersebut dari mana saja dan kapan saja.

Function as a Service (FaaS)
menyediakan lingkungan runtime yang memungkinkan pengembang untuk menulis kode fungsional dan meng-host kode tersebut di cloud, sehingga pengguna hanya membayar untuk kode yang berjalan.

Jenis-jenis cloud computing berdasarkan lokasi penyediaan layanan adalah:

Public cloud
layanan cloud yang disediakan oleh penyedia layanan publik dan dapat diakses melalui internet.

Private cloud
layanan cloud yang disediakan oleh organisasi sendiri untuk kepentingan internal.

Hybrid cloud
kombinasi dari public cloud dan private cloud, di mana beberapa aplikasi di-host di public cloud dan beberapa aplikasi di-host di private cloud.

Community cloud
layanan cloud yang digunakan oleh beberapa organisasi dalam komunitas yang sama, seperti organisasi pemerintah atau industri tertentu.
Jenis Cloud Computing Jenis Cloud Computing Reviewed by Kendawangan on 5/01/2023 07:00:00 PM Rating: 5