Tips Mewujudkan Desain Rumah Minimalis

Berkurangnya lahan hunian terutama di wilayah perkotaan membuat orang-orang berbondong-bondong untuk memilih desain rumah minimalis. Apalagi saat ini makin banyak referensi yang bisa dipilih sehingga Anda tidak perlu benar-benar membutuhkan bantuan ahli.

Tips Mewujudkan Desain Rumah Minimalis

Anda hanya perlu memastikan ukuran lahan dengan kemungkinan realisasi yang paling relevan dan mengomunikasikannya pada kontraktor. Selain bentuk dan isi rumah, tampilan luar juga mempengaruhi kesan minimalis sebuah rumah. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih model pagar besi unik untuk tampilan minimalis yang modern.

Sebelum memilih desain rumah minimalis, Anda perlu mengetahui penjelasan mengenai prinsip rumah minimalis. Simak ulasan berikut untuk mempelajarinya sekaligus mengenai informasi mengenai tips yang harus Anda terapkan.

Prinsip Rumah Minimalis

Rumah minimalis bukan soal ruang yang sempit dan kecil melainkan menonjolkan efisiensi ruang dan mengutamakan fungsi tiap perabotnya. Dengan demikian, penataan ruang menjadi lebih sederhana namun memberikan kesan yang menawan sehingga nyaman untuk dihuni.

Tips Desain Rumah Minimalis

1. Konsep ruang terbuka

Konsep ruang terbuka atau open space dan minim sekat menjadi kunci rumah minimalis sehingga rumah terasa lebih lapang. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan penyekat ruangan dari kayu dengan ornamen cermin sehingga juga dapat berfungsi sebagai dekorasi.

Anda bisa menggabungkan dua ruangan namun tetap memaksimalkan fungsinya seperti ruang keluarga merangkap jadi ruang tamu. Ruang multifungsi ini dianggap lebih praktis namun tetap bisa berfungsi sebagaimana mestinya tanpa mengganggu kenyamanan hunian.

2. Cermat dalam memilih perabot

Tidak semua barang di rumah sebenarnya selalu dibutuhkan oleh penghuninya tapi seringkali terlewat begitu saja ketika seharusnya disimpan. Oleh karena itu, Anda harus mulai disiplin dalam memilih antara barang yang masih diperlukan dan barang yang harus disimpan.

Pertimbangkan hal ini mulai saat berbelanja, pikirkan kembali fungsi dan kualitas barang agar berguna dengan bak. Jangan mudah tergoda dengan barang yang tidak esensial karena akan memenuhi ruangan seperti dekorasi yang tidak perlu.

Pastikan barang dapat multifungsi agar tidak terkesan berlebihan, misalnya lampu di meja tulis juga berfungsi sebagai dekorasi. Anda juga wajib menjaga kebersihan dan kerapian agar barang yang Anda miliki tidak memenuhi ruangan.

Sebagai solusinya, masukkan barang tersebut di tempat penyimpanan seperti laci, kabinet, atau lemari agar terkesan lebih rapi. Atau bisa juga menggunakan meja futuristik dengan ruang penyimpanan sehingga dapat berfungsi ganda.

Anda juga perlu memilih perabot lain dengan desain sederhana seperti lampu hias berupa lampu gantung atau lampu dinding. Gunakan lampu dengan aksen emas dan nuansa artistik yang memberi kesan elegan tapi hindari lampu dengan desain yang terlalu rumit.

3. Menggunakan warna netral
Warna netral adalah solusi terbaik untuk kombinasi warna harmonis untuk memberikan kesan hunian yang nyaman dan lebih hidup. Warna netral yang dapat Anda pilih diantaranya adalah abu-abu, coklat, dan krem untuk dasar plafon, dinding, dan lantai.

Selanjutnya, warna-warna tersebut jadi lebih mudah dipadupadankan dengan perabot isi rumah karena banyak dijumpai perabot dengan warna senada. Dengan demikian tampilan rumah dan furniture pelengkap seperti gorden dan pintu bisa selaras dan nyaman dilihat.

4. Memanfaatkan cahaya alami
Untuk mendapatkan cahaya alami, Anda bisa memasang beberapa bukaan kaca di berbagai ruangan agar cahaya bisa mengisi rumah. Jangan lupa memperhatikan arah matahari dan beberapa lokasi di dalam rumah sehingga Anda dapat menyesuaikannya.

Banyaknya bukaan kaca ini mungkin dihindari oleh sebagian orang karena dapat mengurangi privasi penghuni rumah. Sebagai solusi, Anda dapat memilih pagar besi unik agar kegiatan di dalam rumah tidak terekspos sekaligus menambah estetika modern.

Untuk rumah minimalis dengan dua lantai, gunakan void rumah berupa ruang kosong terbuka di tengah konstruksi antara dua lantai. Selain membuat kesan yang lapang, void rumah juga dapat mempermudah komunikasi antar lantai dan sirkulasi udara menjadi lebih baik.

5. Finishing yang sederhana
Finishing sederhana dibutuhkan untuk berbagai material sehingga perlu diperhatikan fungsi utamanya agar tidak terkesan berlebihan. Misalnya finishing untuk lantai bisa menggunakan keramik, granit atau vinyl dengan pola sederhana dan tidak rumit.

Untuk dinding, Anda dapat menggunakan cat warna pastel atau netral dengan hiasan batu alam atau wallpaper simple.

6. Tambahkan sentuhan tanaman hias
Tanaman hias masih menjadi pilihan terbaik untuk dekorasi rumah yang mampu memberikan kesan nyaman bagi penghuninya. Tidak perlu mahal, ada banyak pilihan tanaman hias ramah kantong dan mudah dibudidayakan tanpa perlu perlakuan khusus.

Anda dapat menanam monstera atau sansevieria di sudut ruangan dan jangan lupa sesuaikan ruangan dengan ukuran tanaman. Tanaman sukulen dapat Anda letakkan di atas meja atau sirih gading yang bisa Anda letakkan di vas berisi air.

7. Letakkan banyak cermin
Tak hanya untuk bercermin, kini cermin bisa memberikan banyak fungsi sekaligus untuk menambah estetika ruangan. Banyaknya pilihan model cermin saat ini sangat cocok untuk memperindah desain rumah minimalis yang modern.

Cermin juga dapat membuat kesan ruangan menjadi lebih luas karena pantulan yang diberikan. Pantulan cahayanya juga bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin menggunakan cahaya alami tapi tidak cukup biaya untuk membuat jendela.

Demikian ulasan mengenai prinsip sekaligus tips yang harus Anda lakukan dengan komitmen yang tinggi agar rumah minimalis dapat Anda miliki. Kini Anda bisa memenuhi kebutuhan rumah dengan mudah karena bisa membelinya secara online di BukaBangunan.
Tips Mewujudkan Desain Rumah Minimalis Tips Mewujudkan Desain Rumah Minimalis Reviewed by Kendawangan on 7/16/2023 02:54:00 PM Rating: 5